USB MAPPING – hackintosh

December 18, 2020 at 3:27 am Leave a comment

Bahasa Indonesianya yaitu memetakan USB, loh kenapa harus dipetakan? emang si USB susah dicarinya? πŸ™‚ πŸ™‚

Jawaban singkat: karena kita menggunakan mesin non-mac, alias mac bohongan haha.
Jawaban panjangnya silahkan menyimak bahasan berikut ini:
MacOS tidak didesain untuk berjalan di mesin lain selain mac aseli, misalnya iMacPro1,1 – di mesin itu macOS tidak perlu repot-repot untuk memetakan USB-nya, karena mereka sudah tau kalau iMacPro1,1 atau jenis mac lainnya itu USB-nya gak banyak (tidak lebih dari 12), oleh sebab itu mereka (Apple) memutuskan untuk membatasi hanya 15 port usb-per controller yang bisa dipakai pada macOS.
Tapi itu bicara pada mac aseli, sedangkan kita kan pakai mac odong-odong alias Hackintonsh, dan repotnya PC yang beredar di pasaran itu jenisnya banyak, dan mereka kadang memberikan port USB yang berbeda-beda (USB2.0, USB3.0 dan USB-C) ada yang di pasang di panel belakang, depan, bahkan di motherboardnya pun ada port USB.
Jadi apa hubungannya dengan limit 15 port USB? Mari kita berhitung sedikit:
Katakanlah PC kita mempunyai 3 USB 2.0, dan 3 USB 3.0 port di komputer kita, itu artinya 3 + 3 x 2 (dikali 2 karena USB3 juga berlaku sebagai USB2) artinya ada 9 bh port, belum lagi jika ada port USB-C, misal 3 bh lagi, 9 port + 3 x 3 (dikali 3 karena USB C juga berlaku sebagai USB2 & USB3) yaitu 18 port. Sedangkan dengan limit 15 port yg diperkenankan oleh MacOS maka limit tersebut sudah terlampaui sehingga akhirnya ada port yang tidak bisa bekerja.
Bagaimana dong solusinya? Mudah, proses hackintosh jaman sekarang mudah koq #eh πŸ˜‰

pertama: Download aplikasi Hackintool di sini
Siapkan denah/gambar di kertas juga boleh, atau di foto atau diprint juga boleh, gambar back panel i/o seperti ini:


Image
back panel dari motherboard Asus H97-Pro gamer
Image
  • Panggil Hackintool, lalu tekan tombol USB seperti gambar di atas:
  • Langkah ini yang cukup merepotkan yaitu dengan copot semua perangkat USB yang menancap pada semua port yang ada, lalu mulai colok setiap USB port yang ada pada gambar yang sudah disiapkan pada gambar di atas dengan sebuah mouse USB. Perhatikan pada daftar USB di aplikasi Hackintool, di port mana si mouse USB tersebut muncul. Lalu catat kode-nya pada gambar back panel yang sudah disiapkan tadi. Lakukan itu untuk semua port yang ada.
  • Langkah di atas untuk mendeteksi port HS (Hi Speed atau USB 2.0-karena biasanya mouse memakai port USB 2.0 dan bukan Super Speed (USB 3.0). Untuk port SS (Super Speed) atau port USB-C, lakukan hal yang sama dengan device USB 3.0 atau USB-C, lalu catat juga port yang terpakai – tandanya si baris port tersebut akan berubah warna menjadi hijau.
  • Setelah semua di catat, hapus semua port yang tidak terpakai, bisa hapus satu-satu, atau dengan menahan tombol cmd+klik satu persatu baris yang tidak terpakai (bukan hijau), lalu tekan tombol – (minus) di bagian bawah aplikasi hackintool. Tampilan akhir dari USB yg sudah kita mapping kurang lebih seperti ini, di komputer anda pasti akan berbeda-beda isinya:
Image
  • Lalu pencet tombol export (tombol paling kanan), lihat di desktop, nanti ada file sbb:
Image
file-file yang dihasilkan
  • Hapus kext USBInjectAll.kext, lalu copy file USBPorts.kext ke folder EFI, edit config.plist taruh nilai False pada Kernel – Quirks XhciPortLimit (Open core)
  • Boot Hackintosh anda, lalu coba kembali apakah port semua berfungsi dengan baik.



Sebuah Hackintosh yang sudah running dengan terinstall kext USBInjectAll.kext, silahkan download di sini lalu install di folder EFI (kita asumsikan kalau anda melakukan usb mapping seharusnya sudah mengerti cara install kext :he he:

Mari kita mulai:


Selamat Mencoba

:thumbsup:

Entry filed under: Uncategorized.

ID-Ipad di Majalah Selular Mengenal lebih dekat dengan Clover

Leave a comment

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


si Botax Narcis

si Botak Narcis
Antonius Widjaja, seorang ayah, suami, dan pekerja mandiri di bidang Digital Printing dan Video Editing
December 2020
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031