ID-Ipad di Majalah Selular

October 4, 2016 at 8:51 am Leave a comment

id-pad-oke
Jakarta, Selular.ID – Sejak dirilis untuk pertama kalinya pada tahun 2010 lalu, iPad bisa dibilang menjadi salah satu produk Apple yang sangat sukses di pasar. Faktanya, hampir di setiap peluncuran model baru, iPad selalu diburu oleh para penggemarnya. Tidak hanya di luar negeri saja, fenomena iPad juga jadi pembicaraan menarik bagi para penggemarnya di Tanah Air. Kemudian, muncullah berbagai komunitas yang didedikasikan untuk penggemar iPad, yang satu di antaranya adalah ID-iPad.

Seperti diutarakan oleh Julijanta Gunawan, seorang moderator ID-iPad, berdirinya komunitas ini sejak iPad 1 muncul, yakni sekitar tahun 2010 lalu. Bukan tanpa tujuan, berdirinya ID-iPad sebagai wadah bagi para pengguna iPad di Indonesia, yang ingin mengetahui lebih jauh apa saja kelebihan yang ditawarkan tablet ini.

“Pertama karena waktu itu iPad masih baru banget, banyak yang ingin mengetahui kegunaan iPad selain buat main game dan tidak bisa digunakan untuk menelepon, bisa digunakan untuk apa saja. Jadi kami mewadahi pengguna iPad, khususnya di Indonesia, bagaimana memaksimalkan fungsi device yang telah dibeli mahal-mahal tersebut. Saat itu baru Apple yang mengeluarkan tablet dengan resolusi seperti monitor pada umumnya (4:3) 1024 x 768, tablet lain (contoh: Android) 1024 x 600,” papar Julijanta ketika ditanya mengenai latar belakang berdirinya ID-iPad.

Tidak berbeda dengan komunitas pada umumnya, sebagai wadah bagi para penggemar iPad, ID-iPad juga memiliki beragam kegiatan, mulai dari milis, hingga kopdar dalam kelompok kecil, serta menggelar acara gathering besar-besaran setahun sekali.

Acara gathering besar ID-iPad, pernah dilakukan sebanyak dua kali di Bandung yang dihadiri 100 hingga 200 anggota komunitas dari Indonesia. ”Salah satu acaranya, lomba foto menggunakan iOS device (iPad/iPhone),” kata Julijanta.

Selain kegiatan yang bersifat offair, ID-iPad juga kerap melakukan kegiatan secara onAir, seperti mengadakan lomba dengan hadiah dari sponsor, baik ulasan mengenai suatu produk dan service yang berhubungan dengan iOS.

Dalam hal komunikasi antaranggotanya, komunitas ID-iPad kini lebih banyak menggunakan jejaring sosial, seperti di group FB Indonesian Apple Community. Tidak jarang anggota FB Indonesian Apple Community memanfaatkan grup ini sebagai tempat bertanya seputar tablet kesayangan mereka, mulai dari tips dan trik ketika beli iPad bekas, hingga soal troubleshooting.

“Sering kali pertanyaan dari para pengguna iPad, kalau beli bekas apa saja yang harus di cek dan sebagainya. Pertanyaan lainnya mengenai troubleshooting misal iPad hang harus bagaimana, upgrade iOS performancenya jadi pelan atau tidak, dan lain-lain,” ungkap Julijanta.

Bicara mengenai keanggotaan, komunitas yang berdiri sejak enam tahun ini disebut telah memiliki ribuan anggota, baik yang terdaftar di milis maupun di grup Facebook. Untuk milis, sebagaimana dikatakan Julianta, anggotanya ada sekitar 2000-an orang. Sementara di grup Facebook anggotanya disebut sudah lebih banyak dari milis.
“(Anggota komunitas ID-iPad-red) tersebar di seluruh Indonesia, tapi sebagian besar masih dari Jawa (Jakarta, Bandung, Surabaya),” pungkas Julijanta.

ID-iPad, Tempat Sharing Pengguna iPad di Indonesia

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Mac-Inul – Asyiknya Ngoprek PC Rasa Apple

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


si Botax Narcis

si Botak Narcis
Antonius Widjaja, seorang ayah, suami, dan pekerja mandiri di bidang Digital Printing dan Video Editing
October 2016
M T W T F S S
« Feb    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

%d bloggers like this: