Clover EFI- Mahluk apaan ini?

December 18, 2020 at 5:21 am Leave a comment

Menurut situs ini, clover EFI adalah boot loader yang dibuat untuk dapat memboot sistem operasi mac (hackintosh), Windows dan Linux pada modus Legacy atau UEFI.

Keunggulan dari Clover adalah:

  • Dapat mengemulasi BIOS Legacy dan EUFI
  • Dapat mem-boot Kernel Linux dengan dukungan EFISTUB
  • Mendukung resolusi GUI untuk monitor widescreen 16:9 yang banyak digunakan
  • Relatif mudah digunakan
  • Relatif mudah untuk di custom (oprek)
  • Mendukung Custom Themes, sehingga tampilan menu bisa sesuai selera
Image

Clover EFI adalah project open source dan bisa di Download di Github, perhatikan versi-nya, karena kadang versi terbaru belum tentu cocok untuk mesin kita.

Proses install clover sangat mudah, seperti bisa dilihat di sini, tapi untuk melakukan Custom install kita harus mengerti setiap komponen pada setiap opsi Custom, dan kita akan bahas itu di sini.

Image
Pada layar ini pilih tombol Customize

Clover bisa di install dengan Legacy atau EUFI mode, apa bedanya? mana yang harus kita gunakan? Jawabannya dengan memeriksa BIOS yang kita pakai. Mode Legacy digunakan pada komputer dengan BIOS versi lama, sedangkan UEFI untuk versi yang lebih baru. Cara memeriksa BIOS mana yg terpasang, bisa lihat dari tampilannya, BIOS Legacy adalah teknologi jaman “baheula” dengan layar biru, dan text mode, biasanya dibuat oleh Phoenix, American Megatrend, atau Award. Sedangkan EUFI lebih modern dengan layar semi GUI dan mendukung mouse, liat pada ilustrasi (kiri BIOS legacy, kanan UEFI)

Image
Image
Kembali ke lap… eh clover.

Bila komputer yang kita gunakan menggunakan EUFI maka pilihan paling atas (Clover for EUFI Booting only) harus di cuntreng. Opsi berikutnya yang perlu di cuntreng adalah :Install Clover in the ESP
keterangan di bawahnya tertera:
Install Clover in the ESP (EFI System Partition) of the target volume
Need to format ESP as Fat32 on Mac first.
Clover akan membuat partisi EFI, dimana di dalam partisi ini clover akan menaruh File-file yang dibutuhkan untuk bisa meng-load macOS dengan baik, keterangan untuk memformat ESP sebagai Fat32 sebenarnya sudah tidak diperlukan karena Clover akan otomatis melakukannya.

Image
Contoh isi partisi EFI yang sudah terinstal di Hackintosh.


UEFI Drivers
Disini ada beberapa opsi driver yang bisa kita pilih untuk di sertakan pada clover, atau jika merasa bingung, kita pakai yang recomended driver saja dulu, kalau mentok baru kita coba oprek di sana.

Image

Isi dari Recomended Driver untuk UEFI
Sebenarnya semua opsi yang ada sudah diberikan keterangan secara jelas oleh si pembuat clover.
misal: pilihan ApfsDriverLoader itu adalah pilihan driver untuk mendukung APFS filesystem macOS 10.13 dan yg terbaru. Apa itu APFS, coba cek di sini

Image
Image
Image
Image
Image

BIOS-Legacy Driver
Pilihan driver untuk BIOS legacy baru muncul setelah opsi pertama (Clover for EUFI Booting only) di non aktifkan.

Image
Image
Image
Image
Image
Image

Semua opsi di atas tidak perlu di cuntreng semua, karena malah akan membuat kita susah untuk melacak jika terjadi error.
Apa yang perlu di cuntreng mana yang tidak semua tergantung dari kebutuhan, misal bila kita tidak menggunakan format APFS maka opsi itu tidak perlu di cuntreng.
Hackintosh pada hakekatnya adalah proses coba-coba (trial & error), jadi makin banyak berlatih, makin banyak gagal, maka kemampuan anda berhackintosh akan bertambah dengan sendirinya.

Entry filed under: Hackintosh. Tags: , , , .

Bikin Installer yuu..Vanilla – Mac Method

Leave a comment

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


si Botax Narcis

si Botak Narcis
Antonius Widjaja, seorang ayah, suami, dan pekerja mandiri di bidang Digital Printing dan Video Editing
December 2020
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031